8 Jan 2012

Apa itu .vbe Allice Killer & Bagaimana Cara Meghilangkan Virus .vbe (sript) Allice Killer

Virus .vbe atau juga nama kerennya Allice Killer adalah salah satu virus yang menyerang komputer dengan cara meng- hidden file berbasis .doc ; .docx; dan juga .rtf pada microsoft word. Jadi meskipun kamu mengganti setting microsof word dari data yang berbasis sript menjadi .doc ; .docx ; atau .rtf , tetap saja data ms word itu akan kembali berubah menjadi script.

Script sendiri adalah salah satu bagian dari program komputer kita, karena itu jangan mencoba menghapusnya karena sebenarnya yang terjadi adalah virus Allice ini sedang menkambing hitamkan Script itu sendiri. Virus Allice mudah mengecoh orang untuk pertama kalinya karena virus ini mengembangbiakkan anak-anak virusnya dalam sistem komputer dan memakai script sebagai kambing hitamnya sehingga orang mudah berpikir bahwa script lah yang harus dihapus.  

Nah, disinilah tugas kita untuk melumpuhkan induknya, bukan anak virusnya. 

salah satu ciri data yang berubah menjadi scipt ini adalah pada saat kamu membukanya di dalam komputer, maka simbol yang muncul bukanlah simbol ms word seperti biasa, tapi yang muncul justru simbol yang kalau I bilang mirip dengan struk kasir (kertas panjang itu) yang dipilin seperti huruf S, atau... kalau mau lebih mudah membayangkannya, itu seperti DNA yang berpili-pilin itu. 

Dari pengalaman I yang baru-baru ini berjuang memblokir virus ini seharian (dari pagi buta sampai sore), ada pelajaran yang patut diambil yaitu: 

  • jaga FlashDisk mu dari serangan virus dari komputer manapun, terutama dari sarangnya virus yaitu warnet.

  • jaga komputer atau laptop dengan antivirus yang update (kalau I pribadi sekarang akhirnya pakai 3 antivir, hahaha... bukannya gimana, tapi antivirus yang pertama adalah Avast yang bisa diperbarui secara otomatis sekaligus memblokir otomatis langsung data yang dianggap aneh dan bervirus, yang kedua ada PCMedia AntiVirus alias si bebek kuning yang bisa men-scan virus dengan baik, ini saran dari Annisa-chan, dan yang ketiga adalah PCMedia AntiVirus AlliceKiller khusus jaga-jaga untuk munculnya virus 'istimewa' ini.

CIRI-CIRI HADIRNYA VIRUS .vbe dengan data berbasis Script (Allice Killer) ini adalah:

  • perhatikan Size data msWord mu karena jika jumlah halaman dalam file itu ada sekian lembar, maka tidak mungkin Size nya 8Kb. Nah, ini dia salah satu ciri-cirinya, semua data ms word akan berubah menjadi 8kb, semuanya!! ngeselinkan.

  • Jika belum memperhatikan poin yang ke 1, maka saat kamu mau memprint data menjadi format .pdf , maka hasil print yang keluar adalah simbol-simbol. ckckck...
    Saat membukanya di komputer lain, selain komputer punya kita sendiri yang sudah terserang virus, maka akan keluar logo seperti DNA berpilin, atau seperti struk kasir yang berbentuk huruf S.

  • Hal yang juga membuat bingung adalah pada saat kamu men- delete file nya, maka file itu akan muncul kembali. Walaupun sudah di- delete berulang kali, tapi file itu tetap saja akan muncul dan muncul lagi.

  • Nah, karena baru-baru ini I mendapat pengalaman dengan si virus ini, maka I harap jangan paik dulu. Memang, rata-rata ada yang memilih untuk menginstal ulang gadget mereka agar virus ini hilang, tapi berhubung I orangnya ekonomis, maka tidak ada salahnya kan kita mencari cara prakisnya.



Salah satu cara yang paling cepat adalah dengan cara mendownload antivirus lagi yang khusus menangani masalah virus .vbe ini. Antivirus instan yang sangat praktis yang saya gunakan adalah PCMAV AlliceKiller bisa dw di sini:

 
Download PCMediaAntivirus AlliceKiller


Setelah di download, maka tinggal di ekstrak dan double klik. Sebelum menjalankannya dengan ampuh dan baik, close semua program yang sedang berjalan, termasuk internet. setelah itu jalankan dengan menekan tombol yang tersedia.

Jika kamu perhatikan pada layar PCMAV itu, maka bisa dilihat kalau setelah me- rescued file akan ada -> allice.htm  

Itu artinya induk virusnya sedang dibantai habis-habisan sama pcmav. Ok, selamat mencoba. Jangan buru-buru ke health center dulu ya.


2 komentar: